"LABELS"

-----------------------------------


Selasa, 04 Oktober 2011

Gag Habis Pikir

Pengen juga sih sebenernya posting tentang tulisan yang sesuai ama latar belakang pendidikan ku.
Itung-itung sharing ilmu ama sodara sodari yang pada mampir.
Tapi apa mau dikata.
Karna saking banyaknya materi, azas-azas, teori-teori dan tetek bengek di kepala ku ini.
Aku malah jadi bingung sendiri mo nulis apaan.
Padahal rasanya ujung jari jemari udah pada rebutan pengen senam di atas kibod Laptop ku.
Ehhhhh... si kepala gag mau diajak kompak.

Yaaaa...
Latar belakang pendidikan ku tuh Hukum. Tepatnya Hukum Perdata.
Buat yang belon tau nih...
Gag  sama kaya Hukum Pidana yang kasusnya sadis sadis.
Contohnya maling ayam, pencabulan, pemerkosaan, pembunuhan, penganiayaan, ampe korupsi. [*ini nih yg terakhir tindak pidana yg paling sadissss]
Dan di hukum Pidana ada hukuman penjara, kurungan, bahkan hukuman mati.
Tapi kalo hukum perdata biasanya lebih ke arah ganti rugi. [*Duittt duittt] #mataijo :]

Kasus-kasus di hukum perdata lebih ke masalah perjanjian jual beli, hutang piutang, sewa menyewa, adopsi anak, pernikahan, perceraian, perebutan hak asuh anak, harta gono gini, sampe masalah warisan.
Nah loooo nah loooo... bingungkan mo ngebahas yang mana????
Masih banyak lagi nih sanak sodara dan kerabat nya yg lain.

Okelah dari pada kelamaan mikir mo ngebahas yang mana duluan...
Mending aku cerita tentang kejadian terbaru yang lumayan bikin merinding seluruh bulu di body ini.

Jadi, waktu aku Onlen di FB.
Eh nggak sengaja ngebaca status salah satu temenku. Dan status ini lumayan sukses bikin aku melongo ngooo.

Gini ni statusnya.

" Anjritt,,ni tetangga gw pake gantung diri segala,,!! (=| "



Yupzzz...!! Horrorrr!!! ada yg gantung diri!!

Ckckckck... OmaiGod... #gedhek.gedhek
Gag habis pikir... ternyata penomena bunuh diri itu beneran ada. Kirain cuma di pilem-pilem.

Oke....
Trus karna saking penasaran, aku langsung nanya-nanya temenku itu. Dan standby ngikutin statusnya pengen tau kelanjutan kasusnya.

Aku ngomen = "Weww.. Serem amat.. Kejadiannya dimana itu mas?"

Temen ku = "Di sebelah kostan gue yum"

Aku = "Ya ampun.. beneran? serius? lagi rame polisi donk disono?" <--- pertanyaan gag penting #hammer

Temen ku = "Iyee, Ambulance, polisi, parkir ampe depan kost gue. Mana mayatnya berdarah-darah lagi,,!! Hrrrrr,,,"

Aku = "Lho?? gantung diri kok bisa berdarah-darah?" [*dengan seketika mikir kaya detektif]

Temen ku = "Gag tau tuh. Darah keluar dari pori-pori pergelangan tangan"


Oke... walopun rada serem, heran, dan masih gag habis pikir, tapi aku trus ngikutin perkembangan kasus ini. Yaaa... Penasaran gitu lohh.


Dan setelah lumayan lama memantau.
Akhirnya temen ku updet status lagi.


Yaelahhhhh....
Sempfrullll....
Aku nya udah nungguin dengan sebegini seriusnya...
Eee malah berani beraninya kejadian kaya begini dibikin becandaan...
Huuu... Di datengin tengah malem baru tau rasa deh looo... [*lho kok malah nyumpahin yah aku? (^^)v ]

Yayayaya...
Sampe detik ini aku belon berhasil tau tentang motif dibalik kasus ini.
Tapi, apapun itu motifnya....
Kasus bunuh diri ini kayanya emang lagi eksis di tanah air kita belakangan ini.
Buktinya sering keluar diberita kan? kan? kan?

(sumber: Google)

Hmmm...
Ternyata ada juga lo.... yang berpendapat kalo hak untuk mati adalah hak azasi manusia. Hak yang berasal dari "hak untuk menentukan diri sendiri" (the right of self determination). Jadi golongan ini beranggapan kalau tindakan penolakan atas adanya 'hak untuk mati' itu merupakan tindakan yang melanggar hak azasi manusia.

Tapi di beberapa negara, 
bagi orang yang gagal bunuh diri bisa dipidana lhooo. Contohnya di Amerika Serikat dan Israel.
[*nah loooo... udah gagal bunuh diri, malah dipidana lagi...nasibb... nasibbb...]

(Sumber: Google)

Sama kaya di hukum Pidana Islam (di Indonesia juga dipake nih hukum Islam).
Bunuh diri dan percoban bunuh diri merupakan tindakan yang dilarang dan merupakan perbutan jarimah.
Bagi yg udh berhasil bunuh diri ya hukumannya gag di dunia ini tapi diakhirat masuk neraka. [*kata pak ustadz sih gitu ya..]
Dan untuk yg gagal, bisa di kategoriin ke dalem tindakan percobaan bunuh diri.
Pelakunya dikenai hukuman ta’zir karena perbuatannya mengandung unsur maksiat. 
Nah... ada beraneka ragam deh tuh jenis hukuman ta'zir[*di kesempatan lain aja lah yaww aku bahas ttg yang ini <---kalo sempet.. hehe]


(Sumber: Google)


Olreettt lanjoott....

Yupz... sodara sodari...
Kalo menurut hukum positif di Indonesia (KUHP) agak beda nih.
Percobaan bunuh diri kaya yang di atas... gag termasuk tindak pidana. 
Tapi keterlibatan orang lain dalam tindakan bunuh diri... nah..... itu baru dikategoriin sebagai tindak pidana.

Jadi misalnya gini.... #Contoh yahhh...

Temenmu ada yang lagi putus cinta, merana, bermuram durja, larut dalam kesedihan, mengalami gundah gulana yang bertubi-tubi.
Trus kamu sambil becanda nyeletuk... 
"Udah... tuh ada Bayg*n... ada tali tambang juga... bunuh diri aja..."
[*aku tau... pasti kamu ngomong gini sambil cengengesan dan sebenernya ngomong kaya begini cuma iseng aja.]

Keesokan harinya....
Waktu kamu mo ngajak temenmu itu heng-ot...[*ceilahhhh]

Di kosan nya.....
Kamu nemuin temenmu terkapar sambil meluk botol cairan sabun cuci piring. 
[*Eh... btw, nenggak Sanlait bisa 'end' gag yah? #mikir ....ahhh.. yg penting contoh lah yah..]

Oke... Pokoknya jasad nya udah terbujur kaku. tak berdaya. Tinggal nama...
karna....
TEMENMU BENER-BENER BUNUH DIRI !!! [*JENGGG JENGGGG... <---- backsound]

Tak dinyana...
Ternyata....
Temen mu emang lagi gundah gulana tingkat dewa dewi...
sampe-sampe jadi gelap mata..dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.
dan itu semua........................................... 
.....................atas SARAN MU.. [*JENGGG JENGGGG Lagi... <---- backsound]


Nah.. Kalo ada kejadian kaya gini...
Kamu bisa aja kena pasal 345 KUHP lhooo...
" Barang siapa sengaja mendorong orang lain untuk bunuh diri, menolongnya dalam perbuatan itu atau memberi sarana kepadanya untuk itu, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun kalau orang itu jadi bunuh diri."

  
Jadi...
Dari sekarang... ati-ati dengan mulut beserta omongannya...
Kalo ada temen yang lagi patah hati, putus cinta, diselingkuhin, stress karna blon dapet2 pacar, atau alasan-alasan lainnya... 
Jangan sekali-kali disarain disuruh bunuh diri...
...mbok yaaaa di hibur dengan penuh kasih sayang... [*sokbijak  gitu guehhh] ahaha...

Hmmm... Kalo gag ya... di wakilin kamu nya aja... [*lhoooo??? ngawurrr] (^^)v

Yadeh... banyak- banyak bersyukur lah pokoknya mah...
Karna banyak orang diluar sana yang bejuang sekuat tenaga untuk bisa tetap hidup...
Ehhh... Kita-kita yang dikasi kesehatan gini kok ya malah pengen 'khatam'??? #hammer

Padahal kan bunuh diri bukannya nyelesein masalah, 
malah ngasi aib buat keluarga dan org2 yg kita sayangin...
Blon lagi di akhirat mendapat siksa... ooowuooooo... [*yeeee... malah kasidahan]

yaudah dehhh...

Sekali lagi mari kita bersyukur...
Sadarilah kalo banyak hal yang bisa kita lakuin di dunia ini, daripada hanya sekedar menghirup oksigen... :)


[*ehhh baru nyadar... ternyata aku berhasil juga nulis sambil share masalah hukum....yihiiiyyy.... yaa.. walopun bukan masalah hukum perdata... hmmm... Semoga bermanfaat deh... ]

NP: Kalo sodara sodari yang pada mampir kesini ada yang lebih paham ttg dalil2 dan materi hukum, tolong ikutan ngasi pencerahan ya... :)


-----SUMBER-----
*Facebook
*Gambar dari Google
*Nginget materi kuliah jaman dulu

4 komentar:

LoXeT mengatakan...

Gini aja lo tulisan mu udah bagus... Ngalir apa adanya :)) dan enak di baca ga usah takut salah... kan Blog km semuanya corat coret km mo gimana2..
Salam kenal

Ningrum Daud mengatakan...

hehe...
wahh.. makasi udh mo ikutan nyimak...
maaf klo rada gag jelas. maklum masih belajar.. <-- alibi andalan. hehe..
btw, salam kenal :)

3353403023 mengatakan...

ternyata berita tentang bunuh diri itu beneran ya? gw kira cuman hoax neng..

terus gimana lagi tuh? jurusan apa? orang daerah mana?
*loh kok malah gosip*

Ningrum Daud mengatakan...

@bang hendra..
ap korbany gue suruh kenalan lgsg aja am lo bang? ahahahaha...
biar bisa nanya2 lebih jauh.. biar lebih akrab bang... *lol