"LABELS"

-----------------------------------


Minggu, 29 Agustus 2010

"...Ramadhan Kali ini..."

Punteennnn... sodara-sodara sebangsa dan setanah air...


Setelah sekian lama disibukkan oleh berbagai aktifitas yang lumayan bikin senewen...
akhirnya aku bisa blogging dan posting lagi...


well, sebelom nya aku ucapin slamat menunaikan ibadah puasa bagi sodara-sodara yang menjalankan...
smoga Ramadhan kali ini kita semua bisa beramal sebanyak-banyaknya... Amiiinnn Ya Allah...
(*moggoooo...silahkan me-ngusapkan-kan kedua telapak tangan ke wajah masing2...hehehe...)


Ngomong-ngomong masalah Ramadhan nee...
Mungkin beberapa diantara sodara-sodara mengalami hal yang gag jauh beda dengan apa yang aku alami pada Ramadhan kali ini...


Kayaknya Ramadhan kali ini, mental, jiwa, raga, lahir, dan bathin ku diuji banget dah...
Puasa kali ini, bukan lagi sebuah ritual yang hanya menantangku untuk bisa menahan rasa haus dan lapar saja... tapi lebih pada emosi jiwa, dan benar2 menuntutku untuk mempelajari ilmu ikhlas... (*sumpah dah... tuh ilmu kayaknya berat banget untuk bisa dipelajari...rasanya ampe detik ini pun aku belum bisa menguasai ilmu ini...)


Tapi yaa... Alhamdulillah... brarti Allah SWT masih menyayangiku... Dia mengingatkanku dengan ujian dan cobaan-cobaan ini...
Semogaaaaa... aku bisa melewati dan memperoleh hikmah dari semua ini... Amiiiinn Ya Rabbal 'alaminnn... (*monggooo... skali lagi silahkan me-ngusap-kan kedua telapak tangan ke wajah masing-masing...hihihihihi...) (^^)v


Hokeh...
terlepas dari semua itu, kayaknya ada hal yang lebih menarik (*dari pada semua cobaan-cobaan yang aku alami itu) untuk aku tulis disini...


Cerita ini bener-bener bikin aku bersyukur kalo ternyata begitu beruntungnya aku... begitu banyak anugrah yang telah Allah SWT berikan padaku...


Kisah ini membuka mata hatiku selebar-lebarnya... mengiris-iris kalbu dan menyayat2 hati ku... (*haiahhhhhh.... hiperbola nya mulai kumat lagi nii....)


Baiklah sodara-sodara...
begini ceritanya...





___ Sepotong Kisah Tentang Seorang Guru Ngaji ___





Sebelumnya.... aku mo mengingatkan...
apabila ada kesamaan nama, tokoh, cerita, ataupun tempat kejadian, berarti merupakan suatu ketidaksengajaan... karena cerita ini sama sekali bukan fiktif belaka... peristiwa ini bener-bener terjadi di dunia yang fana ini...



Dia....

seorang guru ngaji...
seorang perempuan yang usianya sudah memasuki usia senja...
yang terlihat dari semakin banyaknya pahatan di paras wajahnya...
dari tubuhnya yang sudah tidak dapat lagi berdiri lurus tegak dan kokoh...
dan terbukti dari telah tak kurang dari dua generasi yang sudah diajarkannya mengaji... diajarkannya untuk bisa membaca Kitab Suci...


Ya....untuk mempermudah... kita panggil saja beliau dengan nama Bu Annisa (*bukan nama sebenarnya)...



Sebenernya...

Udah sering banget aku ketemu ama bu Annisa...
biasanya kalo gag bulan Ramadhan, hampir tiap ba'da Magrib beliau dateng ke rumah Eyang nya si Bawel... untuk ngajarin si Untung mengaji... (*Untung = sepupunya si Bawel)
tapi kalo bulan Ramadhan, biasanya jam4 sore beliau dan sepeda bututnya udah dateng... untuk ngajarin si Untung ngaji....


Waktu itu Bawel sempat ngasi tahu aku kalo waktu si Bawel kecil, waktu mbak nya si Bawel masi kecil, sebelum si Untung lahir, juga diajarin ngaji ama Bu Annisa...


Ya... sejauh ini...
ada decak kagum dalem hati ku...
betapa setianya bu Annisa dengan pekerjaannya...
sebuah pekerjaan yang menurutku juga sangat mulia...
ngajarin orang untuk bisa membaca kitab suci yang merupakan pedoman hidup bagi umat manusia... (*umat muslim diseluruh dunia)


tapi....
gag cuma hal itu yang bikin aku tertarik untuk nulis lebih jauh tentang diri beliau...



waktu itu,

aku buka puasa di rumah eyang nya si Bawel...
bareng keluarnya bokapnya si Bawel...
dan....
waktu ngobrol2 ama keluarga nya si Bawel, cerita2 tentang kegiatan di bulan puasa kali ini...
gag tau kenapa...akhirnya sampailah obrolan kami pada hal-hal seputar Bu Annisa...


Ibunya Untung (Budhe) : "Wah... Bu Annisa tuh walaupun gag bulan Ramadhan, tiap hari puasa lho..."


Aku : "Oya budhe? Rajin banget yak..."


Budhe : "Rajin gimana? tiap hari puasa mah malah gag wajar..."


Aku : "Lhooo...maksudnya...puasanya bu Annisa itu tiap hari sepanjang tahun gitu Budhe?"


Budhe : "Iya... padahal udah tak bilangin... mbok puasa Daud aja...kasian ma badannya...kalo puasa tiap hari..."


Aku : "Kerjanya selain ngajar ngaji apa sii Budhe? (*awalnya aku pikir...mungkin karena keterbatasan materi...makanya beliau puasa tiap hari sepanjang tahun)


Budhe : "Itu...bersih-bersih halaman rumah orang-orang komplek sini..."


Aku : "Suami ama anak-anaknya kemana budhe?" (*pikirku...apa suami ama anak-anak nya gag mau ngurus beliau apa yak?)


Budhe :"Suaminya udah lama kabur..ninggalin dia gag tau kemana... Dia punya anak...2 orang... tapi nakal bangetttt..."


Aku : (*dalem hatiku...busyedd dahhh...berat banget cobaan hidup bu Annisa... Udah anak-anaknya nakal banget... musti jadi single parents lagi...) "Memangnya anak2nya gag mau ngurusin bu Annisa ya Budhe...kok beliau ampe puasa tiap hari gitu..."


Budhe : "Yang ada mah... Bu Annisa yang tiap waktu  ngerawat mereka yum...mana pada nakal-nakal banget lagi..."
(*gag bisa bayangin dah...sebenernya senakal apa sii anak nya bu Annisa..kok ampe Budhe sebegitunya...)


Aku : "Nah...terus kenapa donk Budhe kok beliau ampe puasa tiap hari?" (*makin penasaran)


Budhe : "Aku udah pernah nanya ke Bu Annisa... Kenapa kok gag puasa Daud aja... kan kasian ama badannya... terus Bu Annisa nya bilang...


(*Kalo di bahasa Indonesia-in kira-kira kayak gini nii sodara-sodara)


"Ibu kan tau sendiri anak saya nakal-nakal banget... nggak mau nurut... susah banget dikasi tahu...
Saya takut nanti waktu saya sudah tua... nggak ada yang ngerawat saya...
Saat saya sudah nggak bisa lagi nyari nafkah sendiri... hingga saya harus nahan lapar...haus... nggak makan.... Saya tetep kuat bu... soalnya sudah terbiasa puasa tiap hari...."


Ya Allah Ya Rabb....
aku cuma bisa tertegun denger semua itu...
beliau rela puasa tiap hari sepanjang tahun...demi masa tua nya nanti...


Gag mengeluh... walopun anak-anaknya nakal... tetep dirawat dengan sepenuh hati...
walaupun dia pun gag yakin, kelak anak-anak yang telah dirawatnya tersebut bisa berbakti padanya atau tidak...
kelak diwaktu tua nya nanti bisa ditumpangi atau tidak...


Na'udzubillah....
aku nggak bisa bayangin ada diposisi beliau...
aku nggak bisa bayangin senakal apa sii anak-anak nya...ampe beliau sepasrah itu...


aku langsung keinget ama Umy ku...
Ya Allah Ya Rabb...
Jangan sampai membiarkan hamba durhaka sekecil apapun pada Umy... Aby... dan kaluarga hamba...


Na'udzubillah...
Na'udzubillahimindzalik....

Tidak ada komentar: